Analisis uang kembalian di Indomaret

Indomaret sebagai bisnis ritel terbesar di Indonesia, merupakan sebuah model waralaba bisnis ritel dengan pertumbuhan dan perkembangan yang “wow”, bahkan sudah masuk ke desa-desa, satu desa satu indomaret bahkan lebih.

Dengan dibukanya Indomaret si satu kawasan maka lapangan pekerjaan juga ada, minimal lowongan sebagai penjaga toko. Sayangnya lowongan sebagai penjaga toko tersebut tidak merekrut warga lokal sekitar toko. Padahal bila merekrut warga sekitar toko maka rasa memiliki dan ikatan emosional antara toko dan warga sekitar dapat terjalin – [ikatan batin].

,

melalui artikel ini,  Fokus saya kepada : sistem penghitungan uang di kasir,

  • Pembulatan Angka ke atas yang merugikan konsumen
    contohnya : di layar monitor kasir tertulis Rp 750,-
    Kasir membacanya Rp 800,-
    dan
    Kasir mengembalikan Rp 200,_
    Parahnya pengembalian Rp 200- tersebut berupa dua buah permen.
  • Yang pertama konsumen dirugikan Rp 50,
    Yang kedua pembayaran sepihak dengan permen, apakah benar Indomaret menerima pembayaran dengan permen? Apabila memang disepakati boleh membayar dengan permen, maka suatu ketika akan ada pembalasan dari konsumen untuk membayar barang dengan permen secara beramai-ramai.
  • Benarkah cara bisnis di atas membawa berkah?
    Jawaban saya tidak berkah, sebab ada unsur yang dirugikan, boleh jadi konsumen tidak ikhlas dengan cara transaksi di atas.

Artinya :

  1. Dibutuhkan Revolusi manajemen di Indomaret, dibuat suatu sistem baru yang mengatur pengembalian uang receh kepada konsumen secara adil dan sama-sama untung
  2. Perlunya pelatihan kepada semua staff indomaret di seluruh Indonesia, agar memiliki :
    • Ramah kepada Konsumen
    • Melayani dengan tulus
    • Servis yang memuaskan
    • Sadar Rizki yang berkah

    Manajemen Indomaret Membutuhkan jasa ilyas afsoh institute untuk memberikan Training /pelatihan kepada seluruh staff nya yang dipusatkan di satu tempat, dan dilakukan secara berkala. Minimal pelatihan untuk satu staff : enam bulan sekali. Pentingnya Pelatihan sebagai tanggung jawab manajemen kepada pemberdayaan karyawan bukan pembodohan .

  3. Memancing munculnya waralaba ritel lain yang lebih syar`ie dengan pelayanan prima, tulus, servis yang memuaskan karena komitmen kepada mencari rizki halal, barokah, berlimpah, tanpa merugikan walau hanya Rp 50,-

ILYAS AFSOH
CEO & FOUNDER ILYAS AFSOH INSTITUTE
PIN BB 317 35 22 E
088,1969,4320  || 0821.4150.2649
(024) 700.450.78

Advertisements

About ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
This entry was posted in BLOG BISNIS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Analisis uang kembalian di Indomaret

  1. harumhutan says:

    ha ha..iyah perlu jasa pak ilyas tuh indomaret..

    atu bahkan kembaliannya di minta buat subangan PMI katanya..

    besok besok saya bayar dengan permen juga ah.. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s