Analisis Persaingan Mie Instan Indonesia

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana persaingan mie instan Indonesia, khususnya dua merek dengan iklan gencar di media massa yaitu Mie Sedaap dan Indomie.

Dari rasa mie :
Kedua mie (Sedaap dan Indomie) memiliki rasa yang hampir sama, sama-sama gurih dan sama-sama khas rasa mie instan. Seandainya kedua mie tersebut dilepas bungkusnya dan saya diminta memakan mie tersebut maka saya akan mengatakan bahwa kedua mie tersebut adalah indomie. Alasan saya sederhana sebab saya mengenal indomie lebih dahulu dan dulu sering makan me indomie tanpa dimasak, lalu ketika makan mie sedaap yang mentah, saya kaget,”lho rasa mie nya kok sama seperti rasa indomie?”

Dari bumbu : (perbandingan Rasa Soto)
Bumbu Indomie : menurut saya didesain secara pas untuk takaran satu sajian mie instan. Dan terasa sekali bahwa ini benar-benar mie instan rasa soto.
Bumbu Soto mie sedaap, berbeda karena bumbunya lebih terasa, agak keras bagi saya, aroma jeruknya sangat kuat, dan para pecinta mie instan pasti mampu membedakan mie tersebut adalah mie sedaaap.

Dari iklan :TErobosan iklan mie sedaap boleh diakui jempol, mampu merebut hati saya untuk mencicipi mie sedaap.
Kekuatan iklan Indomie : melekat pada jingle indomie dengan sair ,” Dari sabang sampai merauke, dari ………………………………… sampai Indomie seleraku,” siapapun yang pernah melihat mendengar dan menikmati indomie pasti lekat dengan lagu iklan tersebut, bahkan saking bagusnya sampi sairnya diganti untuk mendukung salah satu calon presiden RI dalam berkampanye merebut massa.

Ketika saya melakukan riset kecil di warung kopi dan warung mie rebus maka kebanyakan pembeli mie goreng membeli indomie goreng satu porsi dengan tambahan mie keriting, ini bukti bahwa indomie melekat di hati penikmat mie instan. Lalu untuk mie sedaap, juga mulai dipasang di warung kopi mie rebus karena ada permintaan dari pembeli yang memang menyukai mie sedaap atau sebagai sekedar mencoba mie sedaap karena tergoda iklan mie sedaap yang ada di TV.

Analisis ini, saya cukupkan di sini. Akan ada pembahasan lain seputar persaingan mie instan indonesia.

baca juga artikel ini :

 

Advertisements

About ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
This entry was posted in BLOG BISNIS and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Analisis Persaingan Mie Instan Indonesia

  1. Pingback: Dzikir Sabtu Pahing | Trainer Motivator Indonesia

  2. ihdin saadhi says:

    saya suka Indomie dan mulai mencoba sedaap

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s