Ketemu Konsep (menulis) baru

Inspirasi menulis buku terus-terusan mengalir tanpa henti, inspirasi ini saya dapatkan dari cara-cara kawan facebook yang menulis buku secara beramai-ramai, kalau tidak salah judulnya kenangan masa kecil yang tak terlupakan. Melihat judul seperti ini, maka terlintaslah saya untuk menulis buku menurut saya sendiri yaitu kenangan terindah masa sekolah.

Kenangan masa indah sekolah ini dilatarbelakangi pengalaman di masa SD, SMP, dan SMA. Dan saya sangat yakin bahwa kenangan indah di masa sekolah bisa dipetik pelajaran dan hikmahnya. Menulis pengalaman tersebut tanpa bermaksud berlama-lama hidup di masa lalu, dan bukan bermaksud menghindar dari masa kini atau masa depan.

Ketemu konsep (menulis) baru ini, sebenarnya tidak murni benar-benar baru, tetapi baru menurut saya, sebab konsep ini agak berbeda dengan konsep yang sudah saya tuliskan di awal-awal bab demi bab buku ini. Ok, langsung saja akan saya bahas konsepnya, yang pertama konsep ini saya padukan dengan kegiatan kawan-kawan SMP angkatan 1996 yang berencana mengadakan reuni, acaar kumpul bareng setelah 16 tahun tidak bersua.  Saya yakin kawan-kawan saya memiliki kenangan indah yang ingin dibagi kepada kawan yang lain.

Saya sebagai penulis ingin proses berbagi cerita tersebut tidak berhenti di ranah lisan (omong-omong kosong), saya menggagas bagaimana jika cerita tersebut dibukukan menjadi sebuah buku, tentu saja dalam hal ini sayalah yang akan memandu kawan-kawan untuk menulis cerita tersebut. Caranya adalah saya buat dulu sebuah gambar sederhana berupa ajakan menulis bersama saya dengan judul kenangan masa indah sekolah, lalu saya berikan spesifikasi bahwa tulisan tersebut menggunakan font times new roman dengan font 12, spasi satu setengah, ditulis dengan format ms.word dan lay out kertas A4, panjang tulisan minimal 5 halaman per penulisan kisah.

Kenapa minimal lima halaman ? Sebab apabila yang menulis minimal 20 Orang maka saya telah mendapatkan kisah inspiratif setebal 100 halaman, lalu ditambahkan kisah yang saya alami sendiri minimal 50 halaman, kemudian ditambah daftar kata, kalimat persembahan, penutup serta testimoni maka saya pasti bisa mendapatkan buku baru saya minimal 200 halaman. Konsep ini saya sebut konsep (menulis) baru yang ajaib, terbukti bisa menerbitkan buku hanya dalam tiga hari dengan konsep ini.

Belum lagi gambar ajakan ini saya upload di wall facebook saya, blog saya, serta wall group social media yang lain dengan tujuan memancing semangat baru para penulis dan membangkitkan gairah kepenulisan. Hasil tulisan dari sahabat online bisa di email ke email saya di ilyasnk3s@plasa.com dengan subject : kenangan terindah masa sekolah. Karena pengumuman ini dipublish di area publik dengan respon sangat cepat, maka dari banyaknya tulisan yang masuk, akan saya pilih tulisan dengan cerita terbaik untuk saya terbitkan bersama tulisan saya.

Tidak lupa, saya sampaikan permintaan maaf apabila ada tulisan dari sahabat yang belum bisa terbit bersama tulisan saya. Tetap saja bersemangat, terus saja berlatih menulis, tuangkan semua inspirasi, sebab saya dahulu juga pernah mengirimkan naskah kepada penulis terkenal – dalam acara nulis bersama, hasilnya tulisan saya ditolak. Penolakan tersebut tidak membuat saya ciut dan kecewa tetapi saya berkomitmen, konsisten sehingga akhirnya buku pertama saya bisa terbit, serta buku selanjutnya serta buku yang sedang Anda baca ini.

Konsep (menulis) baru  ini, akan terus saya kembangkan dan akan saya ajak sebanyak-banyaknya sahabat untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui karya tulis-menulis. Apabila ada sahabat yang belum paham dan ingin sekali menulis maka saya telah mengembangkan konsep lainnya untuk sharing (baca : belajar bersama) bagaimana dunia tulis-menulis, dan menerbitkan buku. Maka tagline : 103% pasti terbit adalah kata-kata yang saya sukai untuk mendorong penulis baru mewujudkan buku pertamanya.

Advertisements

About ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
This entry was posted in 2 Inspirasi Menulis Buku and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ketemu Konsep (menulis) baru

  1. Pingback: Cara Menjadi Penulis « ilyasafsoh.com

  2. ihdizein says:

    event yang bagus, sering-sering aja ada lomba nenulis kaya gini, biar ada eadah buat para penulis. good!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s